5 Tips Renovasi Rumah Agar Sesuai Budget

5 Tips Renovasi Rumah Agar Sesuai Budget

Merenovasi rumah memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, menetapkan budget atau anggaran perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah. Budget membantu pengeluaran renovasi agar sesuai dengan kemampuan keuangan pemilik rumah. Dilansir dari Budget Dumpster, budget renovasi rumah sebaiknya dilebihkan 15 hingga 20 persen dari total anggaran. 

Ini untuk mengantisipasi adanya pengeluaran tidak terduga. Namun penting untuk tetap teguh mengikuti anggaran atau budget awal. Pastikan bahwa biaya yang tersedia dapat merenovasi bagian-bagian ruangan yang diinginkan. 

Kabar baiknya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merenovasi rumah agar tetap sesuai budget, sebagai berikut: 

1. Mengecat dinding dengan warna netral Mengutip BBC, salah satu cara untuk merenovasi rumah agar terlihat baru adalah dengan cara mengecat ulang dinding dan langit-langit menggunakan warna netral. Selain harga cat yang cenderung lebih murah, warna ini lebih mudah menyatu dengan perabotan-perabotan berwarna. Terdapat dua tingkat kecerahan warna yang bisa dipertimbangkan ketika merenovasi rumah, yaitu warna terang dan gelap. Warna terang disarankan untuk ruangan sempit agar terkesan lega. Sementara, warna gelap direkomendasikan untuk ruang besar namun ingin diberikan kesan lebih intim dan privat. 

2. Renovasi mandiri semampunya Salah satu komponen pengeluaran yang masuk dalam budget adalah membayar biaya pekerja. Komponen ini bisa dikurangi dengan cara melakukan renovasi mandiri. Tentu tidak semua pekerjaan renovasi bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Namun, ada beberapa proses renovasi yang bisa dilakukan sendiri dan bisa mengurangi beban membayar pekerja dari anggaran. Sebagai contoh, mengecat tembok atau membeli perabotan dari ritel yang bisa disusun secara mandiri. 

3. Berbelanja bahan-bahan renovasi sendiri Meluangkan waktu untuk berbelanja bahan-bahan renovasi rumah sendiri dapat dilakukan untuk memperoleh penawaran terbaik. Selain itu, pertimbangkan untuk melakukan tukar tambah perabotan di toko-toko yang sudah dipercaya. 

4. Menggunakan lantai imitasi Lantai kayu memang memberikan kesan hangat dan elegan. Namun, harga lantai ini sangat mahal. Alternatif lain, rumah bisa dipasangi lantai kayu imitasi terbuat dari karet maupun gabus yang lebih ramah lingkungan. Meskipun imitasi, lantai-lantai tersebut memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dari lantai aslinya. Saat ini produk-produk lantai imitasi sudah dijual bebas dipasaran, mulai dari retail perabotan hingga marketplace. Pemilihan lantai imitasi ini bisa dipertimbangkan agar renovasi rumah dapat sesuai budget. 

5. Cat ulang perabotan alih-alih membeli yang baru Membeli perabotan yang baru seperti meja, kursi, atau lemari tentu menyebabkan anggaran semakin membengkak. Alternatif lain untuk memberikan kesan baru pada perabotan adalah dengan di cat ulang. Pilihlah perabotan yang masih layak digunakan untuk dicat ulang agar cocok dengan warna dinding. Pada perabotan yang tidak bisa dicat ulang, seperti sofa, cobalah untuk mengganti sarung penutup sofa atau bantalan sofa. Sarung sofa ataupun sarung bantalan sofa bisa dibeli dari marketplace atau toko langganan.

Sumber : https://tirto.id/5-tips-renovasi-rumah-agar-sesuai-budget-goSp

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!