Tips dan Ide Renovasi Rumah Tahun 2022

Tips dan Ide Renovasi Rumah Tahun 2022

Hunian yang nyaman akan membuat Anda dan keluarga semakin betah berada di rumah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda membutuhkan usaha ekstra untuk melakukan renovasi pada rumah Anda. Dengan melakukan renovasi, maka akan membuat tampilan rumah menjadi lebih baik. Tampilan rumah yang baik akan membuat Anda semakin nyaman berada di dalamnya. Tampilan rumah yang baik tidak hanya membuat Anda nyaman tetapi bisa meningkatkan nilai investasi rumah serta prestige pemiliknya. 

Apa Itu Renovasi?

Renovasi adalah salah satu upaya pemilik properti untuk memperbaiki fisik rumah yang rusak atau membangun ulang bangunan yang rusak. Memperluas bangunan dengan membangun bangunan baru pada sisa tanah yang ada juga merupakan bentuk renovasi rumah. Renovasi rumah dapat bersifat minor atau major renovation. Renovasi dikatakan minor apabila perbaikan yang dilakukan hanya bersifat mengecat ulang 1 bagian atau sekedar memperbaiki yang bocor. Tetapi, renovasi dapat bersifat major apabila Anda membangun kembali bangunan yang rusak atau membangun bangunan baru yang sebelumnya tidak ada. 

Melakukan renovasi rumah bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara “asal-asalan”. Anda harus melakukan perencanaan secara matang sebelum Anda memutuskan untuk melakukan renovasi rumah. Kesulitan dalam melakukan renovasi rumah tergantung pada model bangunan, bentuk bangunan serta luas bangunan. Semakin sulit tingkat kesulitan dalam proses renovasi, maka semakin mahal budget yang harus Anda siapkan. Sebagai contoh, budget untuk melakukan renovasi pada rumah berdesain minimalis yang modelnya flat simetris dengan ukuran rumah yang kecil tentu akan berbeda dengan budget  yang harus disiapkan untuk merenovasi rumah mewah classic. Berbicara mengenai budget, Anda harus melakukan RAB sebelum melakukan renovasi.

Apa Itu RAB ? 

Sebelum melakukan renovasi, Anda harus melakukan RAB. Apa itu RAB? RAB adalah Rencana Anggaran Bangunan. RAB berbentuk draft yang berisi rincian material yang dibutuhkan dan kuantitas material yang dibutuhkan. Dalam RAB terdapat perhitungan total biaya material yang dibutuhkan. Rumus untuk mendapatkan angka total biaya material yang dibutuhkan adalah harga satuan material dikalikan dengan kuantitas material. Hasil perkalian ini akan menghasilkan total budget per material. Pastikan Anda menghitung perkalian tersebut pada semua material yang dibutuhkan. Hasil perkalian total budget per material dijumlahkan satu sama lain yang menghasilkan total budget material seluruhnya. 

Dalam melakukan renovasi, material bukan satu-satunya komponen yang dibutuhkan. Anda membutuhkan jasa kontraktor atau tukang bangunan untuk melakukan negosiasi. Tentu, Anda akan dikenakan biaya jasa renovasi rumah oleh kontraktor. Biaya jasa tersebut ditentukan oleh kontraktor. Perlu diketahui bahwa terdapat 2 (dua) jenis metode perhitungan kontraktor yang bisa dihitung secara harian atau borongan. Jika Anda melakukan renovasi minor dengan estimasi waktu pengerjaan dalam 1-2 hari, sebaiknya Anda memilih metode pembayaran harian. Untuk kisaran biayanya dapat berbeda-beda tergantung lokasi renovasinya. Setiap daerah memiliki rate biaya jasa yang berbeda-beda layaknya UMR. Di daerah Jabodetabek, rata-rata biaya jasa harian tukang bangunan berkisar Rp. 125.000 hingga Rp. 200.000,-. 

Namun, apabila Anda ingin melakukan renovasi rumah dengan kategori major, dimana Anda akan melakukan renovasi total yang estimasi waktu pengerjaannya lebih dari 1 (satu) minggu, sebaiknya Anda memilih metode pembayaran borongan. Metode pembayaran borongan dihitung berdasarkan luas proyek atau luas bangunan yang direnovasi. Hitungan pembayaran kontraktor borongan biasanya dihitung per meter persegi. Harga per meter persegi berkisar Rp. 1.500.000 hingga Rp. 4.000.000,-. Angka tersebut dapat berbeda-beda tergantung vendor dan lokasi.

Tips Memilih Vendor Kontraktor (Tukang Bangunan) 

Sebagai orang awam, tentu Anda tidak bisa melakukan renovasi rumah seorang diri. Anda membutuhkan vendor kontraktor yang handal dan berpengalaman dalam membangun (merenovasi) rumah. Membangun rumah tidak semudah menyusun batu bata layaknya mainan lego. Dibutuhkan keterampilan di bidang arsitektur agar kekuatan bangunan yang direnovasi terjamin kekuatannya. 

Kontraktor juga bisa membantu Anda dalam menghitung budgeting material yang dibutuhkan. Seorang kontraktor yang ahli dapat memperkirakan material yang dibutuhkan hanya dengan mendengar arahan (keinginan) Anda. Anda harus teliti dalam perhitungan RAB, karena meleset sedikit saja akan mengakibatkan pengeluaran tak terduga. Jika Anda tidak memiliki dana cadangan untuk pengeluaran tak terduga tersebut, maka akan mengakibatkan pembangunan atau renovasi rumah terbengkalai.

Penting bagi Anda dalam memilih vendor kontraktor. Kontraktor memegang peranan penting dalam proses renovasi. Ada baiknya Anda melihat beberapa tips dari Ray White dalam memilih vendor kontraktor. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari terbengkalainya sebuah proyek renovasi.

Mintalah Rekomendasi Tetangga atau Kerabat

Jika Anda berada pada situasi dimana proyek renovasi berada di perumahan baru atau berada jauh dari tukang bangunan langganan Anda, maka mintalah rekomendasi seseorang yang telah lebih mengetahui tempat tersebut. Tetangga merupakan salah satu orang yang bisa memberikan rekomendasi. Anda bisa melihat rumah tetangga Anda yang sedang atau baru saja selesai direnovasi. Anda bisa melihat secara langsung hasil kerja dari tukang bangunan tersebut. 

Apabila Anda melihat bahwa hasil kerja tukang bangunan tersebut memuaskan, Anda bisa bertanya lebih lanjut kepada tetangga tersebut biaya material dan jasa yang dikeluarkan. Hal ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menyusun RAB. Jika memungkinkan, tanyalah beberapa tetangga untuk mendapatkan banyak rekomendasi sehingga Anda bisa membandingkan vendor-vendor tersebut. Pastikan Anda memilih vendor yang terbukti memuaskan dengan harga yang masuk akal tentunya. 

Carilah Rekomendasi Secara Online 

Anda juga bisa mencari rekomendasi kontraktor secara online. Banyak sekali jasa renovasi rumah yang mengiklankan jasanya melalui internet. Ini akan lebih memudahkan Anda dalam mencari kontraktor. Pastikan Anda memilih jasa kontraktor yang memiliki review yang bagus. 

Menghubungi Vendor Kontraktor

Setelah Anda mendapatkan rekomendasi kontraktor dari tetangga Anda, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menghubungi kontraktor tersebut. Anda harus memastikan kembali biaya jasa kontraktor apakah sesuai dengan budget atau tidak. Anda bisa memberikan gambaran arah renovasi Anda agar kontraktor tersebut memiliki gambaran. Tanyakan juga portofolio yang pernah dikerjakan untuk mencari tahu pengalaman  kontraktor tersebut. 

Carilah Informasi Terkait Track Record Kontraktor

Anda harus waspada terhadap kontraktor nakal. Pada beberapa kasus, banyak kontraktor yang melakukan mark up material yang harus dibeli pada RAB. Misalnya, saat Anda hendak merenovasi rumah, seharusnya Anda hanya membutuhkan 5 sak semen. Akan tetapi, kontraktor mengajukan 10 sak semen. Kontraktor akan memisahkan selisih semen tersebut untuk dijual kembali atau keperluan proyek lain. Tentu, perbuatan mark up ini sangat merugikan Anda. Hal ini sering terjadi pada client dimana rumah yang direnovasi berupa rumah kosong. Artinya, client tersebut tidak berada dirumah yang direnovasi dan hanya sesekali datang untuk melihat progress renovasi. 

Kejadian lain yang sering terjadi adalah pengurangan kualitas material. Kontraktor menghitung RAB menggunakan material yang berkualitas tetapi setelah uang pembelian material diberikan, kontraktor membeli material yang berkualitas buruk untuk menekan biaya produksi. Selisih dari pembelian material tersebut dikantongi untuk keuntungan pribadinya. Hal ini harus diwaspadai dan diantisipasi oleh Anda yang akan melakukan renovasi rumah. 

Untuk menghindari potensi fraud tersebut, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu track record kontraktor tersebut melalui review online atau menanyakan pihak-pihak yang pernah bekerjasama. Ini mungkin akan sedikit merepotkan Anda, tetapi lebih baik teliti terlebih dahulu dibanding menyesal di kemudian hari. Kesalahan dalam memilih kontraktor menentukan keberhasilan sebuah proyek renovasi. Jangan sampai proyek Anda berantakan akibat vendor yang tidak bertanggung jawab.

Melakukan Survey Rumah Yang Akan Direnovasi

Jika Anda sudah cocok dengan biaya jasa dan track record kontraktor, maka sebaiknya Anda mengundang kontraktor untuk melakukan survey pada rumah Anda. Hal ini agar perhitungan jasa dan material yang dibutuhkan lebih akurat. Kontraktor akan menghitung secara detail ukuran dan luas bangunan yang akan direnovasi. Konsultan juga akan mengetahui kondisi lapangan dan memiliki gambaran arah renovasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan rancangan RAB dengan kontraktor, agar biaya renovasi dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Membeli Material Secara Bertahap

Untuk menghindari hal yang dijelaskan pada poin 4 (empat), ada baiknya Anda membeli bahan material yang dibutuhkan sendiri. Mintalah list material yang dibutuhkan segera dan list material yang tidak terlalu urgent. Pastikan Anda membeli material secara bertahap sesuai kebutuhan. Membeli material sekaligus di awal akan mengakibatkan material tersebut hilang sebelum dipakai atau “di curi” oleh oknum kontraktor. Membeli material secara bertahap juga akan memudahkan Anda dalam melakukan audit dan evaluasi penyerapan penggunaan material. Keunggulan lain apabila Anda membeli material secara bertahap adalah meminimalisir potensi mark up material oleh pihak kontraktor. 

Perhatikan Perkembangan Renovasi

Sebagai pemilik properti, Anda harus memastikan bahwa proses renovasi berjalan sesuai yang diharapkan. Pastikan Anda memantau perkembangan progress renovasi. Hal yang harus diperhatikan adalah hasil renovasi dan pemakaian material. Ketepatan dan kecepatan waktu juga harus diperhatikan agar Anda tidak dikenakan biaya tambahan untuk jasa kontraktor, khususnya apabila metode perhitungan biaya jasa yang Anda pilih adalah harian.

Ide Renovasi Rumah 

Anda harus memiliki arah mengenai hal apa saja yang akan renovasi. Hal itu agar proses renovasi menjadi lebih terstruktur dan dapat diperhitungkan. Salah satu yang menjadi hambatan seseorang dalam melakukan renovasi adalah ide renovasi. Renovasi tidak selalu harus mahal. Bahkan memberikan sentuhan minor bisa saja mempercantik tampilan rumah. Ide dari sebuah renovasi adalah mempercantik tampilan serta memaksimalkan ruang yang ada. Berikut beberapa ide renovasi yang bisa dijadikan inspirasi :

Mengubah Desain atau Warna Pintu 

Pintu adalah komponen utama yang pertama kali dilihat saat akan memasuki rumah atau ruangan. Pintu yang berdesain modern akan memperbagus tampilan rumah. Pintu juga akan mengubah first impression Anda akan suatu hunian. Mengubah design pintu membutuhkan daun pintu dan kusen pintu yang baru. Jika Anda tidak memiliki budget untuk mengganti desain pintu, Anda cukup mengubah warna cat pintu untuk mempercantik tampilan rumah.

Ubah Warna Cat Baru

Warna cat baru akan membuat tampilan rumah berubah drastis. Cat yang kusam akan membuat rumah terkesan tak terurus dan tampak tidak menarik. Dengan melakukan cat ulang pada eksterior dan interior rumah akan membuat tampilan rumah menjadi lebih segar. Anda bisa mengganti warna cat baru agar rumah Anda tidak terkesan membosankan.  

Berikan Wallpaper Pada Dinding

Apabila cat pada dinding Anda masih bagus tetapi Anda ingin membuat dinding menjadi lebih mewah atau memiliki corak yang beda dari yang lain, maka Anda bisa mengaplikasikan wallpaper pada dinding Anda. Penggunaan wallpaper pada ruang tamu atau kamar tidur akan membuat rumah Anda menjadi lebih mewah dan berkelas. Terdapat beberapa tema wallpaper yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Wallpaper dengan motif dedaunan atau corak kayu dapat diaplikasikan untuk membuat rumah Anda back to nature. Anda juga bisa memilih motif batu bata untuk membuat tembok tidak terlalu polos. Konsultasikan tema wallpaper yang sesuai dengan rumah Anda dengan kontraktor dan penjual wallpaper. 

Furniture Baru 

Pemilihan model furniture yang digunakan tentunya akan mempengaruhi tampilan dan keindahan rumah. Melakukan perubahan pada furnitures merupakan salah satu bentuk renovasi yang mudah dilakukan. Penggunaan furnitur minimalis yang modern akan mendongkrak tampilan rumah. Anda bisa mengganti model sofa atau lemari (kabinet) multifungsi. Hal kecil seperti penggunaan karpet yang senada dengan furniture juga akan memperindah tampilan rumah.

Renovasi Pada Jendela

Penggunaan jendela besar pada rumah merupakan tren desain rumah saat ini. Desain jendela besar merupakan salah satu konsep rumah minimalis modern. Estetika rumah Anda akan semakin baik dengan mengaplikasikan desain jendela yang modern. Keunggulan lain dalam penggunaan jendela besar adalah pencahayaan ruangan yang lebih baik.

Memberikan Pencahayaan

Pencahayaan dalam rumah sangat mendukung estetika dan kemewahan sebuah rumah. Penggunaan illumination LED warna warm light akan membuat interior rumah semakin mewah. Penggunaan lampu LED warna warm light akan menghasilkan cahaya kuning keemasan sehingga menghasilkan sebuah ambience yang megah. Penempatan lampu LED bisa diletakan pada furnitur agar dapat memantulkan keindahan dari sebuah desain furnitur. 

Percantik Desain Dapur

Pemilik rumah tentu menginginkan suasana dapur yang bersih. Anda bisa melakukan renovasi pada dapur. Penggunaan furnitur berupa rak-rak multifungsi untuk menyimpan perabotan dapur sangat direkomendasikan. Dapur akan terlihat lebih rapi dan mewah. Gunakan material furniture yang tahan air dan tahan panas agar furnitur dapur Anda tidak cepat rusak.

Ganti Model Lantai 

Model lantai atau ubin yang digunakan juga mempengaruhi tampilan rumah. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan ubin yang berukuran besar agar rumah terlihat lebih lapang. Gunakan warna netral seperti putih, abu-abu atau cream sehingga membuat rumah menjadi lebih elegan. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa menggunakan parket kayu dengan motif urat kayu untuk memperindah interior rumah Anda.

Renovasi Atap

Atap rumah merupakan sesuatu yang vital. Pastikan Anda melakukan maintenance secara berkala pada atap rumah Anda. Renovasi atap sangat dibutuhkan apabila terdapat indikasi kebocoran pada atap. Anda juga harus memastikan atap Anda agar terhindar dari rayap. Penggunaan rangka atap berbahan baku kayu sangat mengundang rayap untuk bersarang. Sangat disarankan untuk mengubah rangka atap dengan baja ringan atau mengganti dengan model dak tanpa genting. Perhatikan juga kondisi genting. Lakukan pergantian genting jika dirasa genting yang lama sudah lapuk dan rusak.

Perhatikan juga plafon rumah Anda. Lakukan cat ulang pada plafon. Apabila terjadi terjadi kebocoran yang merembes pada plafon, segera gunakan pelapis anti bocor untuk mengurangi kebocoran. Lakukan pergantian pada plafon jika plafon rumah mulai lapuk. Atap rumah sangatlah vital. Jika kondisi atap rumah kurang mendapat perawatan, maka akan berpotensi rumah ambruk. 

Dekorasi Tanaman Hias Mini

Dekorasi tanaman hias pada interior rumah juga dapat dijadikan konsep interior. Anda bisa meletakan tanaman hias pada meja tamu atau meja kerja di kamar. Tanaman hias tersebut juga dapat diletakkan di samping sofa untuk meningkatkan estetika rumah. Kehadiran tanaman akan membuat pandangan jadi lebih sejuk. Oksigen yang dihasilkan pada tanaman juga bagus untuk kesehatan Anda.

Gunakan Space Kosong Untuk Taman

Konsep go green menjadi konsep hunian masa kini. Banyak developer yang memberikan space berupa tanah kosong pada sisi depan maupun sisi belakang rumah. Anda bisa menjadikan space kosong tersebut untuk dijadikan taman. Anda bisa melakukan perombakan pada space kosong tersebut dengan menempatkan beberapa tanaman hias yang akan memperindah tampilan rumah Anda. Pastikan Anda menggunakan jenis rumput yang sesuai dengan konsep taman minimalis. 

Gunakan Space Kosong Untuk Membangun Kamar Baru

Jika Anda sudah memiliki keluarga, tentu Anda membutuhkan ruang yang banyak untuk dijadikan kamar. Anda bisa menjadikan space tanah kosong untuk perluasan rumah. Hal ini juga memaksimalkan lahan yang ada untuk meningkatkan kenyamanan penghuninya. Hal ini biasa dilakukan oleh pemilik rumah berukuran kecil dengan space di belakang rumah. 

Ide dalam melakukan renovasi adalah mempercantik tampilan dan meningkatkan fungsional sebuah rumah. Renovasi juga dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pemilik properti. Renovasi juga bisa meningkatkan nilai investasi rumah. Sesuaikan ide renovasi sesuai budget dan kebutuhan Anda. 

Sumber : https://www.raywhite.co.id/news/tips-dan-ide-renovasi-rumah-tahun-2020

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!