Ingin Renovasi Rumah Budjet Hemat? Ikuti Tips ini!

Ingin Renovasi Rumah Budjet Hemat? Ikuti Tips ini!

Memasuki tahun baru, rasanya suasana rumah pun ingin diganti. Entah karena rasa bosan ataupun penataan rumah yang sudah terlihat kusam dan ketinggalan zaman. Lantas, apakah ini saat yang tepat untuk melakukan renovasi rumah? Jika iya, perhatikan beberapa tips renovasi rumah agar tetap hemat budjet berikut ini.

Tips Renovasi Rumah Hemat Budjet

Menata ulang rumah memang memakan waktu dan biaya mahal. Tapi, jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Agar bisa menghemat uang, berikut cara cerdas renovasi rumah yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat rencana anggaran

Langkah paling pertama yang harus Anda pikirkan adalah menentukan rencana anggaran proyek. Pasalnya, perencanaan anggaran termasuk bagian yang sangat krusial dalam menentukan desain dan nominal yang harus Anda keluarkan.

Jika tidak didasari perhitungan yang tepat, maka Anda tidak akan memiliki gambaran jelas tentang jumlah barang yang perlu Anda belanjakan. Bisa-bisa malah jadi boros.

Dari anggaran tersebut, Anda bisa memperkirakan harga renovasi rumah. Kemudian, Anda bisa memanggil kontraktor untuk membantu mewujudkan rumah impian sesuai anggaran.

Namun, jika ingin melakukan renovasi mandiri, Anda bisa membuat bagan piramida keuangan untuk menentukan skala prioritas yang harus Anda beli terlebih dahulu. Acuan ini akan membantu Anda mengetahui besaran biaya nantinya.

2. Mencari penawaran khusus

Tips renovasi rumah selanjutnya adalah mencari penawaran khusus. Biasanya, saat memasuki awal tahun, toko bangunan kerap memberikan penawaran khusus pada material dan alat-alat bangunan.

Nah, bagi Anda yang memang sudah memiliki rencana renovasi rumah, ini dia saatnya belanja bahan bangunan sedari sekarang.

3. Lakukan renovasi secara bertahap

Ingat, jangan pernah lakukan renovasi secara terburu-buru. Jika Anda ingin melakukan semua pekerjaan sekaligus, maka tentunya perbaikan ini bisa menyebabkan overbudget dan bisa jadi rencana renovasi pun gagal.

Sebaiknya, Anda menentukan skala prioritas bagian rumah yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Dengan teknik ini, Anda bisa mulai cicil menabung dan hasilnya pun bisa memuaskan.

Selain itu, Anda juga jadi bisa memiliki waktu untuk menelusuri seisi rumah dan mencari bagian yang perlu perbaikan.

4. Perhatikan komposisi warna dan desain

Suasana rumah bisa menjadi kurang nyaman bila warna dan perkakasnya mulai terlihat usang. Sebenarnya, Anda tidak perlu selalu melakukan renovasi rumah besar-besaran, loh.

Cukup cat ulang rumah dan mengganti perabot yang rusak tersebut, hunian akan terlihat seperti baru.

Misalnya, menggunakan komposisi warna putih pada ruangan kecil, maka ruangan akan tampak menjadi lebih luas dan hidup. Lalu, Anda bisa mencoba bermain dengan wallpaper atau statement wall yang bermotif batu alam.

Anda juga bisa menambah jendela minimalis buat pencahayaan alami. Pasalnya, pencahayaan sangat baik bisa membuat ruangan jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Untuk bagian lantai, tidak harus selalu berupa keramik, loh. Anda bisa mengubahnya dengan lantai vinyl atau parket. Kemudian, kombinasikan dengan elemen dekorasi seperti karpet bulu.

5. Bermain dengan pencahayaan lampu

Jika suasana rumah tampak suram, maka Anda mungkin perlu memperbaiki pencahayaan di ruangan. Pastikan lampu yang digunakan telah sesuai dengan fungsinya dan berada di lokasi yang tepat.

Anda juga bisa menempatkan lampu spotlight pada area-area rumah yang menonjol, seperti pada hiasan dinding dan dekorasi sekitarnya. Cara ini dapat membuat atmosfer ruangan akan terasa berbeda dan lebih hidup, deh.

6. Hindari kredit dan utang

Biaya renovasi rumah memang memakan biaya yang cukup besar. Namun, sebaiknya biaya renovasi rumah sebaiknya dilakukan secara tunai.

Minimalisir penggunaan kredit atau pinjaman berjenis apapun untuk membayar material dan biaya kontraktor. Dengan pembayaran tunai, Anda bisa terhindari dari nilai suku bunga yang tinggi dan kemungkinan terjebak terlilit hutang di masa mendatang.

7. Belanja di Ruparupa

Untuk mendapatkan material dan perabot kekinian, Anda bisa belanja di Ruparupa.com.

Tenang saja, situs belanja Ruparupa.com menyediakan aneka ragam kebutuhan rumah tangga yang bisa melengkapi momen renovasi rumah Anda.

Mulai dari furnitur, peralatan pertukangan, hingga elemen dekorasi berkualitas premium, loh. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa sekarang juga. Selamat berbelanja!

Sumber : https://www.ruparupa.com/blog/tips-renovasi-rumah-hemat-budjet/

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!