7 Tips Agar Renovasi Rumah Lancar dan Hemat Biaya

7 Tips Agar Renovasi Rumah Lancar dan Hemat Biaya

Ada kalanya kita ingin menata kembali bangunan rumah, entah karena sudah bosan dengan tampilan yang sekarang atau karena memang ada kebutuhan khusus yang perlu dipenuhi sehingga rumah harus direnovasi. Renovasi rumah yang dilakukan pun bisa hanya sebagian atau menyeluruh, tergantung kebutuhan pemilik rumah.

Masalahnya, merenovasi rumah bukanlah hal yang sepele. Ada banyak hal yang perlu disiapkan, mulai dari rancangan desain yang baru, biaya renovasi rumah, hingga proses pengerjaan di lapangan. Biaya renovasi rumah pun tidak sedikit, bahkan terkadang bisa membengkak dari rencana awal. Bagi Anda yang berencana untuk merenovasi rumah, ada baiknya simak dahulu artikel ini agar renovasi rumah bisa lancar dan hemat biaya!

Kenali bangunan rumah

Dalam merenovasi rumah, kita perlu mengenali bangunan yang lama terlebih dahulu, mulai dari penataan ruang, struktur dan kekuatan bangunan, material bangunan, hingga detail-detail lainnya. Tentu akan lebih baik jika ada arsip gambar rancangan rumah yang sebelumnya sebagai acuan rancangan yang baru untuk mempermudah arsitek dan kontraktor yang akan mengerjakan renovasi rumah.

Rencanakan secara matang dan tetap konsisten

Setelah melakukan identifikasi terhadap bangunan yang lama, tentukan bagian rumah mana saja yang ingin direnovasi. Konsultasikan dengan arsitek Anda untuk mendapatkan rancangan terbaik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Pastikan rancangan renovasi rumah yang dibuat sudah sesuai harapan untuk menghindari adanya tambahan perubahan. Perubahan rencana di tengah pekerjaan akan menghambat waktu renovasi dan bisa saja membuat biaya renovasi rumah yang diperlukan makin membengkak.

Periksa kembali detail RAB

Jika gambar rancangan sudah siap dan disetujui, Anda akan diberikan RAB atau Rencana Anggaran Biaya renovasi rumah. Dari RAB, Anda dapat melihat bahan yang digunakan, biaya pekerja, hingga jenis-jenis pekerjaan. Periksa kembali RAB tersebut. Jika ada yang dirasa kurang sesuai atau ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkonsultasi dan bernegosiasi kembali dengan arsitek atau kontraktor Anda.

Konsep renovasi rumah minimalis

Jika Anda ingin lebih menghemat bujet lagi, Anda bisa menggunakan konsep renovasi rumah minimalis untuk diterapkan pada desain ruang dalam rumah. Konsep renovasi rumah minimalis memang cenderung lebih hemat bujet dibandingkan konsep lainnya. Namun, tetap berkonsultasilah dengan arsitek mengenai renovasi rumah minimalis ini. Terkadang renovasi rumah minimalis malah bisa menjadi mahal, jika bahan dan jenis material bangunan yang dipilih tidak sesuai dengan konsep minimalis itu sendiri.

Siapkan biaya renovasi rumah dan dana darurat

Setelah setuju dengan Rencana Anggaran Biaya renovasi rumah, langkah berikutnya adalah menyiapkan dana yang diperlukan untuk renovasi rumah sesuai dengan RAB. Pastikan juga seperti apa prosedur pembayaran untuk renovasi rumah pada arsitek dan kontraktor Anda. Yang tak kalah penting, siapkan juga dana darurat untuk berjaga-jaga jika ternyata terjadi pembengkakan biaya renovasi rumah pada saat proses pengerjaan.

Manfaatkan yang masih bisa digunakan

Jika masih ada struktur bangunan atau barang-barang seperti furnitur dan perkakas lainnya yang masih bagus dan bisa digunakan, jangan buru-buru untuk membongkar atau membuangnya. Siapa tahu benda tersebut masih cocok dengan desain rumah yang baru atau bisa digunakan untuk sementara waktu, sembari mengumpulkan dana untuk membeli penggantinya.

Jual barang yang tak lagi digunakan

Setelah renovasi rumah selesai, jika ternyata ada barang-barang lama yang bagus tetapi sudah tidak cocok dengan desain yang baru, jangan langsung dibuang begitu saja, ya! Barang-barang yang masih bernilai tadi bisa dimanfaatkan dengan cara dijual kembali. Hasilnya dapat dipakai untuk mendekorasi atau renovasi rumah di masa mendatang. Lumayan, kan?

Tujuh tips tadi akan membantu Anda dalam melakukan renovasi rumah agar lancar dan hemat biaya. Anda dapat menemukan arsitek, desainer interior, dan kontraktor profesional di sini untuk membantu merenovasi rumah Anda.

Sumber : https://www.archify.com/id/archifynow/7-tips-agar-renovasi-rumah-lancar-dan-hemat-biaya

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!