5 Tips Renovasi Rumah Lama Agar Aman dan Nyaman Ditinggali

5 Tips Renovasi Rumah Lama Agar Aman dan Nyaman Ditinggali

Saat memilih hunian, Anda dihadapkan pada dua pilihan yaitu membeli bangunan baru atau renovasi rumah lama. Dua pilihan itu memiliki keunggulan masing-masing dan banyak hal lainnya yang patut jadi pertimbangan. Biasanya keluarga akan lebih memilih membeli rumah baru karena bangunan belum pernah ditempati orang lain dan tidak perlu khawatir dengan banyak renovasi karena usia bangunan yang masih muda.

Namun, jika Anda memutuskan untuk merenovasi rumah lama, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti mengetahui seberapa kokoh bangunan tersebut setelah bertahun-tahun digunakan. Selain itu, dengan ukuran bangunan dan tanah yang sama, rumah second biasanya lebih murah dari yang baru. Ditambah besaran pajak yang tidak sebesar beli rumah baru.

Sebelum siap untuk ditinggali, rumah lama perlu direnovasi agar aman dan nyaman ditinggali. Perbaikan yang perlu dilakukan tergantung dengan kondisi rumah dan desain baru yang Anda inginkan. Secara umum ada persiapan yang harus dilakukan agar renovasi rumah lama berjalan lancar, berikut ini beberapa tipsnya.

1. Riset Sebelum Renovasi

Renovasi bangunan, terutama rumah, tidak boleh dilakukan terburu-buru. Pastikan Anda melakukan riset terkait pembangunan yang akan dilakukan. Anda bisa melihat proyek serupa untuk menentukan apa saja yang dibutuhkan, berapa lama waktu pengerjaan, dan biaya apa saja yang perlu dikeluarkan.  Luangkan waktu untuk menyusun rencana matang dan membuat RAB (Rencana Anggaran Bangunan).

2. Buat Anggaran Biaya

Setelah melakukan riset, Anda bisa mulai membuat anggaran biaya untuk renovasi rumah lama. Seperti yang sudah disebut di atas, rencana ini biasa disebut dengan RAB. Anggaran biaya akan membantu Anda memetakan pengeluaran yang diperlukan dan mencegah pemborosan karena pengeluaran tak terduga. Berdasarkan anggaran tersebut, Anda juga dapat mempertimbangkan apakah renovasi dapat diselesaikan dalam satu waktu atau harus secara bertahap. Pilihan untuk melakukan renovasi secara bertahap dapat meringankan Anda karena biaya yang dikeluarkan tidak langsung dalam jumlah besar. Pembagian tahapan dapat dilakukan berdasarkan ruang, contohnya tahap pertama merenovasi bagian kamar, lalu diikuti oleh dapur, kamar mandi dan taman. Pertimbangkan juga anggaran untuk akomodasi selama renovasi, Anda kemungkinan perlu tempat tinggal sementara agar dapat beraktivitas tanpa terganggu oleh proses renovasi.

3. Sesuaikan Desain dengan Kebutuhan

Renovasi tentu harus dikerjakan berdasarkan konsep desain yang sudah dibuat sebelumnya. Selain menimbang sisi estetis, desain harus dibuat berdasarkan kebutuhan Anda. Berapa anggota keluarga yang akan tinggal di rumah? Apakah dalam waktu dekat anak-anak Anda akan membutuhkan kamar masing-masing? Apakah perlu memperluas bangunan atau mempertahankan taman? Hal-hal semacam itu penting untuk dipertimbangkan agar hunian nyaman untuk semua anggota keluarga, bahkan hingga bertahun-tahun kemudian.

4. Pilih Bahan yang Tepat

Bahan-bahan untuk renovasi baiknya sudah Anda siapkan sebelum renovasi dimulai agar tidak menghambat pekerjaan tukang di kemudian hari. Bahan-bahan ini seharusnya sudah terangkum dalam RAB yang dibuat sebelumnya. Untuk mendapatkan bahan terbaik, Anda dapat mengumpulkan daftar toko bangunan dan lakukan riset kecil dengan membandingkan kualitas dan harga bahan bangunan yang Anda perlu beli. Ini akan membantu Anda menemukan bahan terbaik dengan harga terjangkau.

5. Cari Tukang Renovasi yang Profesional

Agar renovasi berjalan lancar, temukan konsultan dan tukang terpercaya untuk merenovasi rumah Anda. Anda dapat mencari referensi tukang yang pernah mengerjakan proyek serupa. Sebelum memulai pekerjaan, pastikan telah mendiskusikan rencana renovasi secara detail dengan tukang renovasi rumah Anda. Aplikasi Kanggo dapat membantu menemukan tukang sesuai kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. 

Jika Anda butuh bantuan untuk merencanakan bahan-bahan yang dibutuhkan, jumlah tukang, dan estimasi hari pengerjaan renovasi, Kanggo juga menyediakan layanan Konsultan. Layanan konsultan ini dapat membantu Anda menyelesaikan renovasi rumah lebih cepat dan efisien.

Sumber : https://kanggo.id/blog/5-tips-renovasi-rumah-lama-agar-aman-dan-nyaman-ditinggali/

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!