9 Keistimewaan Taman Bungkul Surabaya

9 Keistimewaan Taman Bungkul Surabaya

Siapa yang tidak mengenal salah satu icon kebanggaan masyarakat Surabaya, yaitu Taman Bungkul. Taman Bungkul pantas mendapat julukan salah satu taman terbaik karena memiliki beberapa keistimewaan yang tidak ada pada taman-taman lain di Indonesia. Keistimewaan tersebut antara lain:

Amphitheater

Amphitheater merupakan sebuah teater terbuka dengan susunan tempat duduk bertingkat, yang berfungsi sebagai tempat pertunjukan. Fasilitas yang satu ini terletak tepat di bagian tengah taman dengan bentuk melingkar dan berdiameter 33 m. Bagian tepinya dilengkapi pilar-pilar batu yang berfungsi sebagai tempat duduk penonton. Amphitheater ini sering dimanfaatkan untuk menggelar acara musik dan beragam kesenian lain yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Ketika tidak sedang digunakan, amphitheater dapat difungsikan sebagai area bermain anak-anak. Diameternya yang lebar membuat anak-anak leluasa bermain dan berlari-lari sambil menikmati suasana asri Taman Bungkul.

Akses WI-Fi Gratis

Anda juga bisa memanfaatkan akses wi-fi gratis berkecepatan tinggi saat berada di Taman Bungkul. Setelah berfoto di beberapa spot menarik di Taman Bungkul Anda bisa langsung upload foto-foto Anda di sosial media dengan lancar dengan dukungan wi-fi gratis ini.

Jogging Track yang Teduh

Keistimewaan lain yang dimiliki Taman Bungkul adalah adanya jogging track dengan jalur yang cukup panjang. Jalur jogging track yang tertata rapi membuat para pengunjung taman leluasa melakukan aktivitas olahraga. 

Area Bermain Anak (Playground Area)

Adanya area bermain anak membuat Taman Bungkul menjadi RTH yang ramah anak. Lokasi area bermain anak terletak di sebelah kiri taman. Ada beberapa fasilitas bermain anak seperti perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit yang berwarna cerah dan menarik perhatian. Suasana yang teduh pasti membuat anak-anak betah bermain lama di taman yang satu ini.

Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) yang Tertata Rapi

Lelah bermain di taman, Anda dapat menuju sentra khusus PKL yang tertata rapi dan nyaman dikunjungi. Tak sedikit karyawan kantoran, para remaja, dan berbagai kalangan masyarakat yang sering singgah ke sentra PKL Taman Bungkul karena lokasinya strategis, bersih, dan sangat nyaman.

Skate dan BMX Track

Taman ini juga memiliki fasilitas berupa skate dan BMX track. Fasilitas tersebut sering dimanfaatkan oleh anak muda Surabaya untuk berlatih atau sekadar bermain sambil bersantai bersama teman-teman.

Fasilitas Keran Air Siap Minum (KASM)

Keunggulan lain yang dimiliki Taman Bungkul adalah fasilitas Keran Air Siap Minum (KASM). Keberadaan fasilitas ini membuat masyarakat dan wisatawan yang sedang mengunjungi Taman Bungkul tidak perlu repot membeli air minum. Selain mendukung upaya penghematan, KASM juga efektif mengurangi jumlah sampah botol plastik.

Sistem Keamanan Canggih

Taman Bungkul adalah salah satu objek wisata Surabaya yang bisa dikunjungi secara gratis selama 24 jam penuh. Anda tak perlu khawatir soal sisi keamanannya karena taman ini dilengkapi dengan sistem CCTV yang memadai. Sistem keamanan yang canggih dan ketat tersebut membuat masyarakat dan wisatawan bebas beraktivitas di taman tanpa mengkhawatirkan risiko tindak kriminalitas.

Pengelolaan Sampah yang Tertata Rapi

Taman Bungkul juga dikenal unggul dalam hal sistem pengelolaan sampah. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan empat jenis tempat sampah di sudut-sudut taman. Empat warna tempat sampah yang berbeda bertujuan untuk mengklasifikasikan jenis sampah dengan ketentuan sebagai berikut:

Merah: khusus sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) seperti obat nyamuk, bekas deterjen, bahan beling, dan jenis sampah bahan kimia lainnya.

Kuning: khusus sampah non organik seperti botol plastik, plastik kemasan makanan, gelas bekas air mineral, dan lainnya. Sampah non organik dapat diolah menjadi produk daur ulang.

Hijau: khusus sampah organik seperti sisa makanan, dedaunan kering, dan sayuran. Jenis sampah ini bisa diolah menjadi pupuk kompos.

Biru: khusus sampah berbahan kertas.

Car Free Day

Setiap Minggu pagi, kawasan di sekitar Taman Bungkul dijadikan area car free day pada pukul 06.00-09.00. Rutinitas car free day membuat masyarakat Surabaya leluasa berolahraga, jalan santai, atau sekadar menikmati keindahan Taman Bungkul. Biasanya momen car free day tersebut juga sering dimanfaatkan untuk menggelar acara senam atau olahraga ringan bersama.

Dengan keasrian dan fasilitas lengkap Taman Bungkul sayang rasanya apabila dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Surabaya. Anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga atau orang tercinta dengan menikmati fasilitas yang ada di taman. Letaknya yang berada di jantung Kota Surabaya juga akan memudahkan Anda untuk menuju kesana. 

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!