Pengertian Reseller, Perbedaan Reseller dengan Dropship, Kelebihan dan Kelemahan Reseller, dan Tips Menjadi Reseller yang Sukses

Pengertian Reseller, Perbedaan Reseller dengan Dropship, Kelebihan dan Kelemahan Reseller, dan Tips Menjadi Reseller yang Sukses

Saat ini hobi belanja memang sangat digemari oleh masyarakat. Hal tersebutlah yang membuat para pelaku bisnis terus berinovasi, seperti berjualan online. Dalam penjualan online terdapat beberapa istilah yang sering didengar seperti reseller dan dropship. 

Reseller dan dropshipper memang sangat sering digunakan dalam transaksi penjualan online. Namun keduanya memiliki arti yang berbeda. Masing-masing juga mempunyai kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda.Reseller dan dropship diperuntukkan bagi siapapun yang mau melakukan bisnis online tanpa ingin repot dan ribet. Sebab modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar.

Pengertian reseller 

Reseller merupakan model bisnis online terlaris di Indonesia untuk saat ini. Fenomena ini terjadi mulai tahun 2010 an dengan berbagai macam bisnis online reseller jam tangan, aksesoris, dompet, dan item fashion lainnya. 

Bisnis reseller artinya menjual kembali atau menjual ulang suatu barang. Reseller bukanlah bagian dari distributor atau supplier. Namun Anda membeli produk langsung dari supplier dengan modal sendiri untuk stok barang.Bisnis reseller dapat memberikan selisih harga yang menguntungkan. 

Sistem kerja reseller 

Penjual yang berniat menjual barang dengan model reseller harus mendapatkan persetujuan tentang brand produk atau jasa. Biasanya persetujuan ini didapat langsung dari merek yang bersangkutan. Dengan demikian seorang reseller dapat menjualkan kembali produk yang dibeli dengan harga reseller yang telah ditetapkan sendiri. 

Sistem reseller akan mendata dan menghitung jumlah pelanggan serta pembayarannya. Semakin banyak transaksi yang diperoleh, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang didapat. 

Perbedaan reseller dan dropship

1. Stok barang dan modal 

Sebenarnya sangat mudah mengetahui perbedaan reseller dan dropship. Bisnis reseller mengharuskan untuk menyetok barang. Sehingga harus mengeluarkan modal tertentu untuk membeli atau membuat stok barang.  Barang tersebut bisa didapatkan dari supplier atau distributor. Sedangkan pengertian dropship justru kebalikan dari reseller. Sistem dropship tidak harus mengeluarkan uang sebagai modal stok barang. Cukup dengan memiliki foto produk dengan detail harga kepada calon pelanggan. 

2. Pemasaran 

Reseller dapat memasarkan produk dengan langsung menawarkan dari toko ke toko atau kepada konsumen selama ada stok barang. Sedangkan dropshipper tidak bisa melakukannya karena tidak ada stok barang yang dimiliki. Dropshipper hanya dapat berjualan di online marketplace atau media sosial. 

3. Keuntungan 

Reseller mempunyai keuntungan yang lebih besar daripada dropshipper. Sebab reseller mendapatkan harga yang kompetitif dari supplier untuk dijual kembali. sedangkan dropshipper tidak dapat mendapatkan banyak keuntungan sebab supplier yang dipilih adalah kompetitornya juga. 

4. Resiko 

Reseller menyimpan stok barang sehingga memiliki resiko kerugian yang lebih tinggi. Sedangkan dropshipper tidak akan merasa khawatir karena tidak menyetok atau membeli barang. 

5. Pengiriman 

Reseller harus mencari calon konsumennya sendiri sekaligus mengemas dan mengirimkan barang yang dijual. Sedangkan dropshipper hanya bertugas untuk memasarkan produk saja. Jika ada pesanan dari konsumen, dropshipper akan menghubungi supplier agar supplier mengirimkan barang yang telah dibeli konsumen. 

Keuntungan reseller 

Keuntungan yang didapat dari reseller dapat dibedakan dengan keuntungan finansial dan non finansial. Keuntungan finansial yang didapat adalah keuntungan yang besar. hal ini dikarenakan modal yang harus dikeluarkan lebih besar dibandingkan menjadi dropshipper. Reseller juga dapat mengatur harga sendiri dengan mudah sehingga menghasilkan keuntungan yang besar.

Sedangkan keuntungan non finansial misalnya fleksibilitas. Sebelum sebanyak saat ini, reseller terlebih dahulu didominasi oleh mahasiswa atau pelajar tanpa mengganggu jam pelajaran. Dengan demikian bisnis reseller dapat dilakukan setiap saat, dan dimana saja dengan nyaman misalnya rumah. 

 Kelemahan reseller 

Seperti yang telah dijelaskan bahwa bisnis reseller adalah membutuhkan barang sebagai stok. Maka dibutuhkan modal yang cukup besar dibandingkan dengan dropshipper. Reseller juga harus mengemas dan mengirimkan barang dengan sendiri. Dan yang paling penting reseller harus menanggung resiko jika ada kerugian misalnya barang tidak laku. 

Lebih baik menjadi reseller atau dropshipper ?

Memulai suatu bisnis memang harus disertai dengan kesabaran dan ketekunan. Mengenai lebih baik menjalani bisnis reseller atau dropshipper, tentu saja hal tersebut tergantung pada keinginan masing-masing. 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika Anda ingin memulai bisnis online yang lebih mudah maka Anda bisa memilih reseller. Namun jika tidak ingin menyetok barang, maka Anda bisa memilih dropshipper. Hanya dengan foto-foto produk yang Anda promosikan, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Tips menjadi reseller 

Menjadi reseller memang terdengar mudah, namun sebelum benar-benar ingin terjun menjadi reseller online ketahui terlebih dahulu tipsnya untuk menjadi bisnis online reseller terpercaya. Berikut adalah tips untuk menjadi reseller yang sukses antara lain:

1. Tentukan produk 

Sebelum menjadi reseller, Anda harus tahu terlebih dahulu bisnis plan reseller misalnya produk apa yang akan Anda jual. Tidak hanya berdasarkan keinginan, namun lebih baik sesuai dengan permintaan pasar. Seperti fashion, pakaian, otomotif, pakaian, atau aksesoris. Paling penting juga untuk menentukan target penjualan. Anda juga harus memahami secara detail tentang seluk beluk produk yang akan dijual. 

2. Popularitas produk atau brand

Ada banyak sekali penjual atau perusahaan yang menjual barang yang sama. maka sebelum mengambil brand produk, Anda harus mengamati terlebih dahulu produk yang akan diambil dan membandingkannya dengan yang sejenis. Jika ingin memilih brand, semakin populer brand yang ada maka semakin tinggi pula ketertarikan masyarakat untuk membeli. 

3. Tetapkan harga 

Setelah menentukan produk reseller, selanjutnya tentukan harga produk. Penetapan harga sebaiknya sesuai dengan keadaan ekonomi target yang ditetapkan. Berikan harga yang terjangkau dan tidak terlalu mahal. memang harga yang rendah tidak akan mendatangkan keuntungan yang besar. namun jika perputarannya cepat maka pendapatan akan terus berjalan. 

4. Kenali pesaing 

Dalam bisnis apapun competitor akan selalu ada tidak terkecuali dalam bisnis reseller online. Semakin banyak pesaing dalam produk yang sama, maka perputaran barang dan pendapatan bisa saja melambat. Apalagi jika ada competitor yang menjual produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah dari yang telah Anda tetapkan. Namun jika mempunyai pelanggan yang loyal, tentu saja hal tersebut mendatangkan keuntungan sendiri.

5. Teknik promosi

Selanjutnya Anda harus menetapkan teknik pemasaran yang tepat. Misalnya memasarkan produk di sosial media, media cetak seperti majalah atau Koran, media elektronik seperti tv atau radio. Namun belakangan ini promosi di media sosial menjadi cara yang paling ampuh terutama dalam bisnis online. Anda bisa menawarkan produk dalam media sosial seperti facebook, instagram, twitter, blog, atau online marketplace atau e-commerce. 

Selanjutnya Anda bisa memasarkan produk  dengan menjalin relasi yang baik. misalnya Anda bisa meminta bantuan kepada teman-teman atau komunitas Anda untuk memasarkan produknya. Dengan ini Anda juga menawarkan sebuah komisi untuk setiap barang yang terjual dari teman Anda.


0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!