Rumah Subsidi Mojokerto

 Rumah Bersubsidi

Rumah termasuk ke dalam golongan kebutuhan pokok, yakni kebutuhan akan papan. Yang dimaksud dengan kebutuhan pokok di sini adalah kebutuhan yang pertama kali harus dipenuhi, kebutuhan yang sebisa mungkin bisa kita penuhi untuk pertama kalinya. Oleh karena itulah kebutuhan akan papan atau rumah ini dimasukkan ke dalam kebutuhan primer.

Rumah menjadi suatu hal yang sangat pokok yang harus dipenuhi, yang harus ada karena rumah inilah yang yang dijadikan oleh kita sebagai tempat untuk tinggal, tempat untuk beristirahat. Rumah adalah suatu tempat untuk kita huni bersama dengan orang-orang tercinta, bersama dengan keluarga kita. Tempat yang paling baik dan paling tepat bagi kita untuk berkumpul dan bersantai.

Namun memiliki rumah tak semudah jika kita ingin membeli suatu makanan atau suatu hal yang lain, yang bisa kita beli dengan seketika itu juga. Hal ini disebabkan karena sebuah rumah meskipun rumah tersebut tergolong ke dalam tipe rumah sederhana sekalipun tetaplah berharga mahal, paling tidak harus siap dengan dana ratusan juta rupiah.

Karena harganya yang mencapai ratusan juta rupiah itulah pada umumnya bagi sebagian besar orang sebuah rumah tidak bisa dibeli secara tunai. Bagi mereka yang saat ini ingin sekali memiliki rumah namun tidak bisa membeli dengan tunai maka jalan keluar yang paling baik dan paling tepat adalah dengan membelinya secara kredit.

Rumah yang dibeli dengan cara mengangsur biasanya disediakan oleh pemerintah, mendapatkan subsidi atau sokongan atau bantuan dari pemerintah. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Perumahan Rakyat atau Kemenpera bekerja sama dengan berbagai pihak yang saling berkaitan menyediakan rumah untuk masyarakat.

Masyarakat yang dituju oleh pemerintah untuk bisa mendapatkan rumah bersubsidi ini adalah masyarakat golongan menengah ke bawah. Masyarakat yang penghasilan per bulannya masih pas-pas-an, masih tergolong rendah. Karena khusus disediakan bagi masyarakat yang masih rendah penghasilannya maka rumah yang ditawarkan ini tidak dikenai pajak.

Di samping terbebaskan dari kewajiban membayar pajak masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi target market rumah bersubsidi dari pemerintah ini juga akan dikenai bunga yang ringan, yang rendah, yang masih bisa dijangkau,bunga yang tidak akan menjerat leher.

Bunga yang berbiaya rendah ini masih akan diberikan keringanan lagi, yaitu bahwa sistem pembayaran bunganya atau cara mengangsurnya secara flat atau flat rate, jumlah angsurannya selalu tetap setiap bulannya. Sistem angsuran dengan KPR secara flat rate ini berlaku sampai lunas kreditnya.

Tidak sembarang orang bisa memperoleh rumah bersubsidi ini. Supaya bisa disetujui, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syaratnya antara lain sebagai berikut :

  • Yang bersangkutan haruslah merupakan penduduk asli Indonesia atau yang sudah menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Jika anda ingin membeli rumah bersubsidi maka anda harus berumur minimal 21 tahun atau paling tidak anda sudah terikat oleh sebuah pernikahan.
  • Yang mengajukan permohonan atau mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri sama sekali belum pernah memiliki rumah yang disubsidi oleh pemerintah.
  • Penghasilan atau pendapatan atau gaji yang dimiliki oleh si pemohon :
    • Jika ingin memiliki rumah bersubsidi dengan tipe “Rumah Sejahtera Tapak” tidak boleh berada di atas empat juta rupiah.
    • Jika ingin memiliki rumah bersubsidi dengan tipe “Rumah Sejahtera Susun” tidak boleh berada di atas tujuh juta rupiah atau paling tidak haruslah setara dengan apa yang sudah ditentukan oleh pemerintah.
  • Sudah bekerja paling tidak selama satu tahun atau usaha yang dilakukannya minimal sudag berjalan kurang lebih satu tahun.
  • Yang mengajukan permohonan kepemilikan rumah bersubsidi telah mempunyai NPWP atau SPT Tahunan, yang sudah sesuai dengan aturan yang saat ini berlaku.

Rumah Bersubsidi yang Ada di Mojokerto

Rumah bersubsidi atau rumah yang mendapatkan sokongan penuh dari pemerintah setempat beserta dengan pihak-pihak yang terkait sudah ada di berbagai kota di Indonesia, baik itu di kota-kota besarnya maupun di kota-kota kecil.

Salah satu kota kecil yang ada di Indonesia yang sudah tersedia rumah yang disubsidi oleh pemerintah adalah Mojokerto. Mojokerto adalah sebuah kota kecil yang ada di propinsi Jawa Timur. Meskipun merupakan sebuah kota yang tidak begitu besar namun kotanya sangat hidup.

Aktifitas atau berbagai kegiatan terjadi di kota Mojokerto. Mojokerto memiliki penduduk yang cukup banyak, termasuk di antaranya penduduk dengan taraf ekeonomi yang masih rendah. Masyarakat yang taraf ekonominya rendah ini pasti sangat ingin bisa memperoleh rumah sendiri. Karena penghasilannya yang rendah itulah mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah setempat.

Mengantisipasi banyaknya keinginan dari masyarakat kota Mojokerto yang berpenghasilan rendah pemerintah daerah mojokerto berusaha mewujudkannya dengan menyediakan rumah yang bersubsidi. Rumah subsidi Mojokerto ini merupakan hasil kerja sama yang sangat baik antara pemerintah daerah Mojokerto sendiri dengan berbagai pihak yang saling berhubungan satu sama lain.

Mengenai rumah subsidi Mojokerto di atas haruslah memenuhi ijin-ijin yang sudah ditetapkan dengan peraturan. Luas tanah rumah bersubsidi harus berukuran 60 meter persegi, tidak boleh kurang dari angka tersebut. Sedangkan untuk luas bangunannya dilarang melebihi 36 meter persegi.

Untuk statusnya, rumah subsidi Mojokerto yang akan dibeli haruslah merupakan rumah yang pertama kalinya dimiliki. Rumah bersubsidi tadi juga harus ditinggali oleh yang bersangkutan selama lima tahun. Selama lima tahun dihuni ang dihitung dari sejak dibeli tidak boleh dipindah tangankan ke pihak lain atau dengan kata lain dijual.

Harga jual rumah yang akan disubsidi oleh pemerintah daerah Mojokerto haruslah berdasarkan ketentuan yang selama ini sudah ditetapkan, yakni Keputusan Menteri PUPR Nomor 348/KPTS/M/2015, yang memuat tentang “Harga Jual Rumah Sejahtera Tapak”.

Jadi jika didasarkan dari Kepmen PUPR di atas tadi maka harga jual rumah bersubsidi berupa rumah sejahtera tapak di mana angsurannya dibayar melalui pembiayaan rumah sejahtera ditentukan sesuai dengan zona.

Untuk tahun 2016, karena kota Mojokerto termasuk ke dalam zona Jawa maka harga jual rumah bersubsidinya berada di angka 116.500.000 rupiah. Jika harga jualnya berada sedikit di bawah angka tersebut masih diperbolekan, misalnya rumah bersubsidinya dijual dengan harga 113.000.000 rupiah. Karena harga yang disebutkan barusan saat ini di tahun 2017 memang masih ada di kota Mojokerto.

Di Mojokerto juga ada rumah yang disubsidi oleh pemerintah setempat bekerja sama dengan pihak-pihak terkait yang dijual dengan harga 115.000.000 rupiah. Jadi harga jual yang ditawarkan bedanya tidaklah terlampau jauh.

Sekarang tinggal tergantung dari daya beli masyarakat berpenghasilan rendah yang ada di kota Mojokerto sendiri. Tentunya mereka ini sudah memikirkan secara matang, berpikir baik-baik membeli rumah subsidi Mojokerto yang disesuaikan dengan budget dan penghasilan yang mereka terima per bulannya. Mereka sudah memperhitungkan dengan detail berapa nantinya angsuran yang harus dibayar.

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!