15 Rekomendasi Tempat Wisata Surabaya, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

15 Rekomendasi Tempat Wisata Surabaya, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Kunjungi pilihan tempat wisata Surabaya ini untuk liburan keluarga kamu!

 mungkin menjadi salah satu kota di Indonesia yang sarat dengan sejarah. Enggak heran, ada banyak tempat wisata Surabaya yang berhubungan dengan sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan di kota yang berjuluk Kota Pahlawan itu.

Tapi tak hanya itu, Surabaya menyimpan segudang tempat wisata yang menawarkan edukasi dan tentu saja hiburan. Maka enggak heran kalau Surabaya selalu menjadi kota pilihan destinasi wisata puluhan ribu masyarakat Indonesia saat berlibur.

Yuk, simak deretan rekomendasi tempat wisata Surabaya yang hits dan layak untuk dikunjungi.

Ingin keliling Kota Surabaya? Sewa Mobil Surabaya Lepas Kunci Saja!

Jika ingin bebas keliling kota Surabaya dan mengunjungi tempat-tempat wisata Surabaya yang direkomendasikan di bawah ini, transportasi terbaik yang bisa kamu pilih adalah dengan ! Kamu bisa sewa mobil di Surabaya mulai dari Rp 200 ribuan sehari, yang bisa kamu bawa dengan bebas ke berbagai tempat wisata Surabaya yang ingin kamu kunjungi.

Pilihan mobilnya pun beragam, dari city car berukuran kompak hingga MPV besar yang bikin seluruh anggota keluarga nyaman.


1. Kampung Arab

Keberagaman Indonesia tercermin dari banyaknya suku dan budaya yang dimiliki. Terdapat beberapa kampung di Surabaya yang dibagi berdasarkan etnisnya, salah satunya adalah Kapung Arab.

Kampung ini dihuni oleh penduduknya yang mayoritas berasal dari Arab. Kampung Arab menjadi salah satu kampung yang dijadikan tempat wisata dan mendapat perhatian dari banyak wisatawan. Salah satu alasan utamanya adalah karena bisa dijadikan tujuan wisata religi.

Selain bisa mengenal budaya Arab yang masih kental, kamu juga bisa berburu suvenir mulai dari pakaian, minyak wangi, hingga peralatan ibadah yang dijual di kampung yang terletak di kawasan Ampel tersebut.

Harga tiket: Gratis

Alamat: Jl. Ampel Kejeron I No.4, RT.006/RW.02, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151

2. Kelenteng Sanggar Agung

Kelenteng yang lokasinya berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran menjadikan Kelenteng Sanggar Agung memiliki daya tarik tersendiri. Di sini berdiri banyak patung-patung seperti Dewi Kwan Im yang merupakan ikon dari kelenteng ini, patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk.

Kelenteng ini cocok dijadikan tempat wisata religi. Jika ingin lebih mendapatkan suasana sakral, kamu bisa datang saat perayaan Imlek karena kelenteng ini rama dikunjungi orang untuk beribadah maupun wisatawan lokal maupun asing.

Harga tiket: Rp 5.000 - Rp 10.000

Alamat: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 60122

3. Museum House of Sampoerna

Surabaya juga dikenal memiliki tempat wisata berupa museum. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Museum House of Sampoerna. Museum kretek yang beralamat di Taman Sampoerna 6 ini awalnya merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Di sini kamu bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok. Museum ini juga menawarkan kepada pengunjung keliling Surabaya gratis dengan menggunakan sebuah bus.

Museum ini juga memiliki kafe dan tempat penjualan suvenir di lantai dua. Tentu saja museum ini juga cukup Instagramable untuk dijadikan spot foto. Siapkan kamera, ya!

Harga tiket: Gratis

Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur 60163

4. Tugu Pahlawan

Tempat wisata Surabaya yang gak boleh terlewat tentu saja Tugu Pahlawan. Monumen ini merupakan ikon dari Surabaya yang sangat populer. Tugu Pahlawan dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, cocok untuk tempat bersantai setelah keliling Kota Surabaya.

Tugu yang menjulang tinggi ini sudah berdiri sejak masa penjajahan. Jangan khawatir, kamu tidak akan dikenakan biaya jika mengunjungi tempat ini dikarenakan Tugu Pahlawan gratis untuk umum.

Harga tiket: Gratis

Alamat: Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174

5. Museum 10 November

Kalau kamu ingin mengetahui secara detail cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945, museum ini adalah tempat yang tepat. Sebab, museum ini merupakan gudangnya dari cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Lokasi Museum 10 November ini tak jauh dari Tugu Pahlawan, masih sama-sama di Jalan Pahlawan. Di sini kamu bisa melihat-lihat foto dan lukisan dari situasi zaman perang. Ada juga benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan perang arek-arek Suroboyo. Lumayan, berwisata tapi edukasinya juga dapat.

Harga tiket: Rp 5.000

Alamat: Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174

6. Patung Suro dan Boyo

Selain Tugu Pahlawan, Surabaya juga memiliki patung yang jadi ikon kota yakni Patung Suro dan Boyo. Patung ini memiliki cerita bagaimana Kota Pahlawan bisa dinamakan menjadi Surabaya.

Tak afdol rasanya kalau ke Surabaya tapi enggak foto-foto berlatar patung hiu dan buaya ini. Ada beberapa titik untuk mengabadikan foto berlatar patung Suro dan Boyo. Salah satu spot yang terbaik adalah dari Taman Skateboard.

Harga tiket: Gratis

Alamat: Jl. Diponegoro No.1-B, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241

7. Food Junction Grand Pakuwon

Tempat wisata satu ini sudah pasti jadi favorit para pecinta kuliner. Dibuka sejak 2016 silam, Food Junction Grand Pakuwon selalu ramai dikunjungi. Terdapat banyak macam kuliner tersedia mulai dari makanan Nusantara hingga mancanegara.

Pengalaman spesial ketika menyantap makanan dan menikmati minuman di sini, kamu bisa sambil menikmati pemandangan danau buatan yang indah. Selain makan, ada juga wahana-wahana yang siap memberikan kamu hiburan. Para pecinta kuliner, yuk langsung sikat!

Harga tiket: Rp 5.000 - Rp 30.000

Alamat: Jl. Grand Pakuwon, Banjar Sugihan, Kec. Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur 60184

8. Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata yang selalu ramai dan diminati di setiap kota termasuk Surabaya adalah kebun binatang. Lokasinya yang terletak di pusat kota membuat Kebun Binatang Surabaya selalu ramai setiap harinya. Kebun binatang ini jadi salah satu yang tertua di Indonesia, lho.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 15.000, kamu sudah bisa melihat aneka ragam satwa yang dimiliki kebun binatang ini. Eits, jangan berkunjung di tanggal merah ya, karena Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari kecuali tanggal merah.

Harga tiket: Rp 15.000

Alamat: Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241

9. Hotel Majapahit

Kamu bisa ke sini tidak hanya untuk menginap, tapi Hotel Majapahit ini juga membuka untuk wisatawan umum bertajuk Heritage Hotel Tour. Hotel yang dulunya bernama Hotel Yamato ini menyimpan banyak koleksi bernilai sejarah bagi hotel dan Kota Surabaya.

Saat mengikuti tur ini, kamu bakal dibawa berkeliling hotel sambil dijelaskan sejarah yang pernah terjadi di ruangan-runagan hotel tersebut. Harga tiket untuk mengikuti tur hotel ini mulai dari Rp 100.000.

Harga tiket: Rp 100.000

Alamat: Jalan Tunjungan No.65, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60275

10. Kampung Bulak

Perkampungan dengan rumah warganya yang dicat warna-warni juga bisa ditemukan di Surabaya. Kamu bisa berburu spot-spot Instagramable di kampung ini sampai puas. Terletak di dekat Pantai Ria Kenjeran, kamu bisa mengunjungi kampung ini sekaligus mampir di pantai.

Ini menjadi tempat wisata dengan spot foto indah namun berharga murah di Surabaya. Bagaimana tidak, untuk masuk ke Kampung Bulak kamu hanya wajib membayar tiket masuk seharga Rp 2.000 saja.

Harga tiket: Rp 2.000

Alamat: Kampung Bulak, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

11. Atlantis Land

Surabaya dikenal dengan cuaca panasnya. Maka dari itu, mengunjungi taman wisata air mungkin jadi pilihan tepat untuk menyegarkan diri. Salah satu yang layak untuk dikunjungi adalah Atlantis Land.

Taman wisata ini gak cuma menyediakan kolam renang dengan banyak perosotan panjang. Atlantis Land juga memiliki banyak wahana hingga atraksi yang siap bikin kamu terhibur.

Harga tiket: Rp 100.000 - Rp 125.000

Alamat: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur 60122

12. Patung Budha 4 Rupa

Enggak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung Budha. Cukup melipir ke kawasan Pantai Ria Kenjeran, di sana terdapat tempat wisata religi berupa patung Budha yang unik.

Patung ini memiliki empat rupa dengan delapan tangan. Banyak yang bilang kalau patung Budha yang ada di Surabaya ini mirip dengan patung Budha Thao Maha Phrom di Bangkok, Thailand. Selain dijadikan tempat ibadah, banyak juga wisatawan yang datang ke sini untuk foto-foto.

Harga tiket: Gratis

Alamat: Jl. Pantai Ria Kenjeran No.8, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur 60122

13. Ekowisata Mangrove

Selain ke taman wisata air, untuk mendapat kesegaran di tengah cuaca Surabaya yang terik adalah mengunjungi daerah hijau. Ekowisata Mangrove ini bisa jadi pilihan tepat karena tempatnya yang bagus, bersih, serta murah.

Selain bisa menghirup udara segar, kamu juga bisa menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu. Pastinya tempat ini juga cocok untuk dijadikan spot hunting foto. Ada juga kolam pemancingan untuk keluarga yang sangat seru untuk dicoba.

Harga tiket: Rp 25.000

Alamat: Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur 60296

14. Hutan Bambu Keputih

Buat kamu yang senang berfoto ria dengan pemandangan alam, Hutan Bambu Keputih bisa jadi salah satu pilihan. Awalnya lahan ini hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, yang kemudian disulap menjadi hutan bambu dengan pemandangan indah bak di Jepang.

Dengan banyak spot cantik dan menawan, membawa kamera adalah hal wajib jika datang ke sini. Kamu juga bisa menemukan pohon-pohon sakura di Hutan Bambu Keputih.

Harga tiket: Gratis

Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111

15. Jalan Kembang Jepun

Pecinta kuliner wajib banget untuk menyambangi Jalan Kembang Jepun jika bertandang ke Surabaya. Di sepanjang jalanan China Town-nya Kota Pahlawan ini tersedia beraneka ragam kuliner khas Surabaya dan juga Tiongkok.

Ada kurang lebih 200 pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di sepanjang jalan ini, jadi dijamin puas! Selain itu, ornamen-ornamen Tiongkok yang dipasang di jalan dan bangunan di sini bisa dijadikan spot foto agar berasa seperti sedang di Tiongkok.

Harga tiket: Gratis

Alamat: Jalan Kembang Jepun, Surabaya, Jawa Timur


Sumber : https://www.klook.com/id/blog/tempat-wisata-surabaya/


0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!