12 Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer dan Edukatif

 12 Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer dan Edukatif

Tempat wisata di Surabaya memang kerap menjadi incaran oleh banyak orang apalagi di akhir tahun seperti saat ini. Kota metropolitan kedua sekaligus kota terbesar di Jawa Timur ini sudah menyediakan beragam tempat wisata untuk para wisatawan. Mulai dari wisata alam, sejarah, wisata kuliner, wisata edukasi, sampai wisata religi. Kamu isa memilih destinasi wisata sesuai dengan preferensi dan budget yang dimiliki. Selain itu, Surabaya juga dijuluki sebagai kota Pahlawan dan tentunya identik dengan monumen bersejarah yang akan mengingatkan para pengunjung tentang perjuangan bangsa Indonesia saat melawan para penjajah. Sejumlah peninggalan yang begitu besar dan beragam kini menjadi objek wisata khusus. Kota ini juga menyediakan berbagai atraksi modern yang dibuat oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu sarana hiburan keluarga. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Surabaya. Lantas, Apa Saja Tempat Wisata di Surabaya? 

1. Mangrove Wonorejo Rungkut

Tempat wisata di Surabaya yang pertama adalah Mangrove Wonorejo Rungkut. Mangrove adalah hutan bakau lebat yang dihuni oleh beberapa satwa. Saat ini, bila kamu ingin mengelilingi hutan mangrove tersebut sudah disediakan jalan setapak kayu yang dibangun melintasi lebatnya hutan bakau tersebut. Di destinasi wisata populer ini ada juga papan informasi yang menjelaskan tentang aneka burung dan satwa yang hidup di tempat ini. Lebatnya hutan mangrove ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghindari teriknya sinar matahari di siang hari. Selain itu, di taman wisata ini, kamu juga dapat mengelilingi hutan dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa akan dikenakan biaya sekitar Rp25.000 dan anak-anak Rp15.000. Dilengkapi juga dengan speed boat yang dapat disewa untuk berkeliling dengan harga sewanya mencapai Rp300.000 untuk enam penumpang. 

2. Tugu Pahlawan

Tempat wisata di Surabaya ini merupakan tempat wisata terpopuler yang wajib dikunjungi. Monumen ini dibangun di pusat kota Surabaya sebagai bentuk kenangan jasa para pahlawan yang sudah gugur. Di bawah taman Tugu Pahlawan juga ada sebuah museum yang dilengkapi dengan foto dokumentasi pembangunan. Tempat ini sangat cocok untuk wisata sejarah sekaligus edukasi. 

3. Jembatan Suramadu

Selain itu, Surabaya juga memiliki ikon kota yang begitu terkenal yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan ini adalah salah satu jalan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura dengan total panjang sekitar 5.500 meter. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata di Surabaya ini, mulai dari berfoto, mencari kerrang, naik perahu, atau menyebrangi jembatan. 

4. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah salah satu tempat wisata yang terbesar di Surabaya. Luas tempat bermain air ini mencapai 5 hektar dan mempunyai tema dongeng petualangan Sinbad. Bila kamu mengajak anak-anak ke tempat ini, tentu saja mereka akan merasa senang. Ciputra Waterpark juga mempunyai sejumlah atraksi menarik. Mulai dari Sinbad’s Playground, Syracuse Beach, Marina Lagoon, dan Tartarus Pool. Bila keadaan sudah jauh lebih aman dari Covid, tempat wisata di Surabaya ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

5. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang murah. Kawasan tersebut terbagi menjadi dua, yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Kedua pantai tersebut menyuguhkan pesona alam dan pengalaman yang berbeda. Untuk Pantai Kenjeran Baru, kamu dapat menikmati pemandangan pasir yang menawan. Sementara itu, di Pantai Kenjeran Lama lebih cocok untuk kamu yang senang berolahraga dan bertamasya. Kegiatan yang dapat dilakukan misalnya adalah bermain di tepi pantai, naik perahu, memancing, dan lain sebagainya.

6. House of Sampoerna

Ini merupakan pabrik rokok Sampoerna yang pertama di Indonesia. Bangunan Belanda tersebut kemudian dibeli oleh Liem Seeng Tee seorang pendiri Sampoerna tahun 1932. Sampai saat ini, tempat wisata di Surabaya tersebut masih aktif memproduksi rokok Dji Sam Soe. Di kawasan tersebut, kamu dan para pengunjung dapat mempelajari dan melihat sejarah dari pabrik rokok tersebut. Museum ini juga memperlihatkan tentang beberapa koleksi, mulai dari korek api, mesin cetak, lukisan, sampai kendaraan kuno. Menariknya, di tempat ini, kamu juga bisa melihat proses pembuatan rokok.

7. Hutan Bambu Keputih

Tidak usah pergi jauh ke Jepang bila ingin merasakan syahdu dan teduhnya hutan bambu, sebab Surabaya memiliki Hutan Bambu Keputih. Atmosfer Jepangnya akan sangat terasa sampai masuk ke dalam tempat wisata di Surabaya ini. Tempatnya berada di wilayah Sukolilo yang dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Secara ajaib, Hutan Bambu Keputih diubah menjadi salah satu lokasi yang mirip seperti di luar negeri. Kumpulan pohon bambu yang rindang begitu indah sehingga sangat dicintai oleh para pecinta fotografi. Tidak heran bila banyak pasangan yang lebih memilih tempat tersebut untuk foto prewedding.

8. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya telah hadir sejak zaman pemerintahan Belanda dulu. Walaupun demikian, lokasinya telah berganti sebanyak tiga kali sampai akhirnya berada di wilayah Wonokromo. Pengunjung kebun binatang ini akan dipandu oleh para guide yang bertujuan untuk memberikan arahan dan memberi pengetahuan tentang satwa. Koleksi yang dimiliki oleh tempat wisata di Surabaya ini juga cukup menarik, contohnya adalah harimau sumatera, Komodo, sampai singa afrika. Bila sayang pada hewan, mulai ajarkan anak kamu untuk tidak menaiki binatang selama berkunjung di sini ya.

9. Keraton Surabaya

Siapa bilang bila hanya Joga dan Solo saja yang memiliki istana. Ternyata Surabaya juga memiliki istana yang juga bersaksi bisu di masa lalu. Kota Surabaya sendiri sudah didirikan sejak tahun 1293, jadi bila banyak peninggalan dan sejarah, ini sangatlah wajar. Salah satunya adalah bangunan yang menggunakan cat putih atau Istana Surabaya. Lantaran tidak ada yang tersisa selain cat putih, mungkin saja masih banyak yang menganggap bahwa Keraton Surabaya masih ada. Selain itu, bukti lainnya adalah surat Daendels Willem yang menjelaskan bahwa bangunan tersebut sudah dihancurkan dan digantikan oleh yang lain. Bangunan kolonial yang begitu khas bisa ditemukan oleh pengunjung di daerah Keraton. 

10. Masjid Laksamana Ceng Ho

Tempat wisata di Surabaya yang berikutnya adalah sebuah Masjid Laksamana Ceng Ho. Sesuai dengan namanya, masjid ini mempunyai arsitektur yang seperti Tionghoa dan terkenal dengan relief naga serta patung singa. Uniknya, di tempat ini terdapat lafaz Allah dengan huruf Arab yang ada di bangunan masjid. Masjid Laksamana Ceng Ho termasuk sebagai tempat wisata yang cukup populer di Surabaya. Masjid tersebut dibangun sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di daerah Surabaya.

11. Kampung Wisata Jambangan

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah Desa Wisata Jambangan. Desa Wisata Jambang dikenal sebagai desa yang hijau, rapi dan bersih di Surabaya. Di desa ini, pengunjung bisa belajar bagaimana memanfaatkan sampah organik dan non-organik untuk dijadikan kompos. Di objek wisata ini, pengelolaan air limbah juga merupakan kegiatan edukasi yang menarik. Limbah tersebut berasal dari air mandi dan cuci warga sekitar Jambang. Air tersebut kemudian dimurnikan kembali melalui proses filtrasi.

12. Kebun Bibit Wonorejo

Destinasi wisata terakhir di Surabaya adalah Pembibitan Wonorejo. Pembibitan ini sangat dekat dengan hutan mangrove Wonorejo. Ditumbuhi pepohonan, Pembibitan Wonorejo kemudian menjadi destinasi wisata yang menenangkan di Surabaya. Taman ini memiliki luas sekitar 5,9 hektar. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi tempat ini. Uniknya, pengunjung bisa berfoto selfie dengan hewan di kawasan ini.

Sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1434641-tempat-wisata-di-surabaya

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!