Pentingnya Menggunakan dan Memilih Jasa Arsitek Perumahan yang Tepat

 Pentingnya Menggunakan dan Memilih Jasa Arsitek Perumahan yang Tepat

Menggunakan jasa arsitek perumahan sebaga konsultan untuk merancang serta membuat sebuah perumahan atau rumah tentu saja harus Anda lakukan. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika menggunakan penyedia jasa yang satu ini, mulai dari mempermudah Anda dalam merancang bangunan yang hendak dibuat, merencanakan budget yang perlu dikeluarkan secara tepat, dan hal lainnya. Akan berbeda halnya jika Anda tidak menggunakan jasa arsitek perumahan, bukan hanya bentuk dan desain rumah yang biasa, namun teknik pengontrolan budget juga tidak maksimal.

Keuntungan menggunakan jasa arsitek perumahan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan jasa arsitek perumahan untuk rumah yang hendak dibangun, antara lain :

-           Anda dapat berkonsultasi secara leluasa dengan pihak jasa arsitek, tentang konsep desain rumah serta bangunan yang hendak dibangun, secara lengkap dan detail. Disini penyedia jasa akan memberikan berbagai informasi tentang desain bangunan tersebut, apakah desain bangunan tersebut pas, nyaman atau tidak untuk semuah hunian.

-           Anda juga dapat berkonsultasi tentang masalah biaya yang harus dikeluarkan atau dianggarkan. Apabila Anda memiliki budget terbatas, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan pihak penyedia jasa, dan pihak penyedia jasa akan memberikan nformasi atau masukan, tentang konsep bangunan yang aman dan nyaman untuk budget yang Anda miliki.

-           Untuk memperlihatkan atau merealisasikan konsep rumah yang Anda inginkan, biasanya pihak penyedia jasa akan membuat sketsa gambah atau skesta banguna rumah yang diinginkan tersebut. Disini Anda dan pihak penyedia jasa dapat saling memberikan informasi apakah konsep rumah tersebut baik dan siap untuk direalisasikan atau masih ada beberapa perubahan lainnya.

-           Berbeda dengan membuat rumah sendri, tanpa bantuan jasa arsitek, dalam hal ini Anda yang harus turun tangan, dan mengawasi jalannya proses pembuatan rumah. Namun jika Anda bekerja sama dengan pihak jasa arsitek, maka pihak tersebut yang akan bertanggung jawab dan akan mengawasi jalannya proses pembuatan rumah tersebut.

-           Pihak arsitek rumah juga akan membantu dan memberikan informasi terbaik untuk bahan bangunan yang sebaiknya digunakan. Disini Anda dapat memilih menggunakan bahan bangunan yang dinilai tepat untuk rumah serta sesuai budget.

-           Keuntungan lainnya yang akan Anda peroleh ketika bekerja sama dengan jasa arsitek perumahan seperti ini adalah adanya jasa desain interior. Biasanya pihak penyedia jasa ini terdiri atas 2 bidang, yaitu bidang desain arsitektur untuk membangun rumah, dan desain interior untuk mendekorasi bagian dalam rumah.  

Tips memilih jasa arsitek perumahan yang tepat

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara memilih penyedia jasa arsitek perumahan secara tepat. Seperti diketahui bersama, saat ini ada banyak sekali penyedia jasa arsitek perumahan, terutama Anda yang tinggal di kota-kota besar. Anda harus pandai memilih penyedia jasa yang tepat, agar hunian yang diidamkan dapat terwujud dengan baik dan tepat bahkan sesuai dengan budget yang telah dianggarkan.

1.       Mencari peneydia jasa arsitek yang tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh jasa arsitek yang tepat adalah dengan mencari jasa arsitek yang tepat. Caranya adalah dengan mencari beberapa informasi tentang jasa arsitek, lalu pelajari aneka macam portofolio yang mereka miliki. Anda dapat mempelajari aneka macam portofolio, dan memilih berdasarkan jasa dan portofolio yang dinilai paling tepat.

Untuk memperoleh informasi tentang jasa arsitektur seperti ini, sebaiknya Anda mencarinya menggunakan media online, atau berdasarkan referensi dari beberapa sumber.

2.       Melakukan konsultasi

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan konsultasi ringan pada penyedia jasa tersebut. Yang dimaksud dengan konsultasi disini mulai dari bangunan rumah yang diinginkan, budget, dan hal lainnya. Dengan adanya informasi seperti ini Anda akan mengetahui apakah pihak penyedia mampu membuat rumah yang diinginan, atau tidak. Demikian pula untuk masalah budget, Anda dapat berkonsultasi tentang masalah budget yang ada pada pihak penyedia jasa.

3.       Melakukan survei lokasi

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan setelah memperoleh jasa desain arsitek yang tepat, dan juga sesuai kebutuhan adalah, memastikan pihak penyedia jasa melakukan survei lokasi. Disini pihak penyedia jasa akan menilai tentang desain rumah yang ingin dibuat apakah tepat atau perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

Biasanya proses survei seperti ini tidak hanya dilakukan sekali, namun beberapa kali. Setelah dirasa cukup, baru penyedia jasa membuat konsep rumah tersebut.

4.       Membuat proposal konsep desain

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setelah penyedia jasa selesai melakukan serangkaian survei, hal berikutnya yang akan dilakukan adalah membuat konsep desain rumah yang akan dibuat. Proposal desain ini berupa gambar desian rumah yang hendak dibangun, lengkap dengan desian interior dalam rumah. Pada proses ini Anda dan pihak penyedia jasa dapat berunding mengenai desaan dan konsep dalam rumah. Apabila dinilai pas, atau cukup, maka pihak penyedia jasa akan langsung membuat beberapa kesepakatan, namun jika ada beberapa revisi, maka penyedia jasa akan meminta beberapa waktu untuk menyelesiakan revisi tersebut. pada tahap ini pihak penyedia jasa juga akan mengajukan biaya atau budget yang perlu Anda keluarkan untuk membuat hunian tersebut. Jika hal ini telah disepakati, maka Anda akan masuk ke tahap berikutnya.

5.       Melakukan kontrak kerja

Teknik berikutnya adalah memulai kontrak kerja. Yang perlu Anda lakukan disini, membuat beberapa kesepatakan atau kontrak kerja. Kontrak kerja ini sendiri terdiri atas, kesepakatan dalam hal membayar jasa, teknik membayar jasa, dan hal –hal lainnya. Sebelum melakukan penandatanganan kontrak kerja, ada baiknya jika Anda membaca secara teliti proposal yang diajukan tersebut. Pastikan Anda benar-benar paham akan kontrak kerja tersebut, agar tidak ada masalah di kemudian hari.

6.       Mencari kontraktor

Jasa arsitek dan jasa kontraktor memang 2 hal yang tidak dapat dipisahkan ketika membangun sebuah rumah. Ketika pihak penyedia jasa sudah menyelesaikan konsep rumah yang diinginkan oleh klien, atau konsumen, maka hal berikutnya adalah mulai menghubung pihak kontraktor. Ada beberapa penyedia jasa yang sudah bekerja sama dengan kontraktor tertentu atau ada beberapa penyedia jasa yang juga memiliki jasa kontraktor.

Pada masa ini, Anda juga dapat mengajukan surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB pada pihak penyedia jasa. 

7.       Memulai proses pembangunan

Terakhir adalah memasuki masa pembangunan. Masa pembangunan sebuah rumah ini tentunya tergantung oleh beberapa hal, mulai dari kendala cuaca, ada atau tidaknya bahan bangunan, serta hal lainnya. Namun biasanya jangka waktu pembuatan sebuah rumah adalah 4 hingga 6 bulan. Jika ada beberapa revisi, maka jangka waktu pembuatan rumah akan semakin lama.

8.       Masa retensi

Yang dimaksud dengan masa retensi ini, adalah masa dimana rumah yang telah selesai dibangun oleh pihak kontraktor akan diperhatikan dan diberikan garansi. jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau perlu dilakukan perbaikan, maka pihak kontraktor akan langsung memperbaikinya, atau Anda dapat mengajukan klaim pada pihak kontraktor atau pada pihak jasa arsitek perumahan.

0 Komentar

Topik Tentang Feng Shui Rumah Banyak Rejeki

lukisan pembawa hoki | fengshui pintu rumah | pintu rumah membawa hoki | feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki | pohon rezeki | lukisan feng shui | ilmu fengshui | tanaman pembawa hoki menurut feng shui | fengshui hari ini | feng shui ruang tamu | rumah membawa rezeki | feng shui tanaman di dalam rumah | tanaman rejeki | lukisan feng shui ruang tamu | lukisan pembawa hoki di rumah | tanaman yang membawa rezeki |

Konsultasi Feng Shui & Interior Desain

Jangan tunggu untuk sharing dan konsultasi feng shui dengan kami. Ciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan anda dengan mengevaluasi rumah berdasarkan fengshui. Hubungi Kami sekarang!